Jumat, 10 Agustus 2012

Operator Logika Pada Java (Part I)

Java merupakan bahasa pemograman yang kaya akan operator. Operator-operator tersebut dikelompokkan menjadi empat bagian besar, yaitu: Operator aritmatika, operator relasional, operator logika, dan bitwise.
Operator Aritmatika 
Operator Aritmatika adalah operator-operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan matematis, seperti: Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Operator Relasional
Operator Relasional adalah operator yang menyatakan bahwa hubungan antara satu operand dengan operand lainya; apakah sama dengan, atau tidak sama dengan, lebih besar, lebih kecil, lebih besar, sama dengan. Hasil yang diberikan dari operasi ini
 yang melibatkan operator operasional akan bernilai boolean (true/false). 

Operator Logika
Operator Logika adalah operator yang menggabungkan kedua Operator lainya, yaitu antara operator Aritmatika dan operator relasional, contohnya operator boolean digunkan untuk melakukan operasi terhadap dua operand yang bertipe boolean.

Operator bitwise
Operator bitwise digunakan untuk melakukan operasi boolean terhadap dua buah operand bertipe integer. Operasi ini dilakukan bit demi bit. Dengan demikian, secara implisit nilai integer tersebut akan dikonversi terlebih dahulu ke dalam bentuk biner. Dalam operasi ini nilai true direpresentasikan dengan nilai 1 dan flase dengan nilan 0.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar