Jumat, 20 April 2012

Pemrograman Android - Part 1.

Hampir  setiap  orang  di  kota-kota  besar  Indonesia,  memiliki  handphone  atau  smartphone  yang 
digunakan  untuk  berkomunikasi,  bahkan  memiliki  lebih  dari  satu,  berapa  ribu  smartphone-kah 
yang ada di dunia ini? Peluang inilah yang dapat kita rambah yaitu pemrograman mobile phone. 
Banyak  sekali  platform  mobile  yang  dapat  kita  coba,  diantaranya  J2ME,  QT  Mobile,  dan 
Android.  Salah  satunya  yang  sedang  booming  adalah  Android  Mobile.  Android  merupakan 
system  operasi  berbasis  linux  yang  bahasa  pemrograman  aplikasinya  dapat  kita  buat 
menggunakan  java.  Dengan  pengetahuan  seputar  java  yang  telah  mencukupi,  anda  dapat 
membuat aplikasi berbasis android.

Persiapan installasi 

Untuk  memprogram  mobile  android,  penulis  menggunakan  IDE  Eclipse  Indigo,  ADT  15  dan 
SDK for Windows. Penulis juga menggunakan 
tools  lain  yaitu  Droid  draw  dan  SQLite  manager.  Bukalah  IDE  Eclipse  (portable),  berikut 
tampilan utamanya :


Klik  menu  Help  ->  Install  new  Software,  arahkan  installasi  pada  ADT  yang  telah  didownload 
sebelumnya.  Setelah  diinstall,  klik  menu  Windows  –  Preference,  kemudian  klik  android  dan 
arahkan SDK Location ke tempat penyimpanan SDK yang telah anda download seperti berikut :


Perhatikan  Target  Name  SDK  yang  ada,  terdapat  beberapa  Platform  diantaranya  2.2,  2.3,  dll. 
Sekarang  anda  telah  memiliki  beberapa  platform  yang  dapat  anda  gunakan  kelak  untuk 
memprogram device android anda. 

Program  pertama  yang  akan  kita  buat  adalah  sebuah  aplikasi  mobile  android  untuk 
menampilkan tulisan “Program pertamaku” di layar android. Buatlah project baru klik File -> 
New Android Project untuk membuat project baru. Berikan nama project “programpertamaku”, 
kemudian pilih Build target seperti berikut : 


Tambahkan nama package “program.pertama”. nama package harus terdiri atas dua identifier, 
yaitu  identifier  pertama  “program”,  dan identifier yaitu “pertama”.  Dalam  project  ini,  penulis 
menggunakan API SDK level 11 atau lebih terkenal dengan platform 3.0(HoneyComb).


Perhatikan  pada  project  explorer  project  yang  anda  gunakan  seperti  berikut,  terdapat  beberapa 
folder  diantaranya,  src,  res  dll.  Biasakan  program  java  anda  disimpan  di  folder  src  dan  desain 
layout anda disimpan pada res -> layout.


Bukalah file ProgramPertamakuActivity.java, kemudian isikan sebagai berikut


Berikut keterangannya : 
  Textview tv  menciptakan object tv bersumber dari class textview 
  Tv.settext(“Rizky Khafitsyah…”)  memberikan teks kepada objek tv 
  setContentView(tv)  mengatur layout utama dengan isinya adalah object tv 

Berikut hasilnya

Agar  layout  lebih  tertata  dengan  baik,  pergunakan  file  xml  yang  dapat  dijadikan  sebagai 
konfigurasi  layout.  Perhatikan  folder  res->  layout->  main.xml  yang  dapat  anda  manfaatkan 
sebagai layout utama. Berikut isi dari file main.xml

Keterangan : 
  tipe layout yang digunakan adalah linearlayout. 
  Terdapat sebuah textview yang isinya terdapat pengaturan isi text, align , warna font dan 
ukuran font. Gunakan ctrl + space untuk memanfaatkan fasilitas autocomplete.   

Berikut isi dari file ProgramPertamakuActivity.java :








Perbedaan  isi  file  ProgramPertamakuActivity.java  dengan  yang  sebelumnya  adalah  pada 
statement setContentView, perhatikan kalimat setContentView diatas, menunjukan bahwa layout 
yang  digunakan  bersumber  dari  R.layout.main  atau  dibaca  Res->  layout->main.xml.  berikut 
hasil running program :





Jenis Layout 

Setelah pada project „programpertamaku‟, anda mengenal linearlayout, terdapat beberapa layout 
lain  yang  dapat  anda  gunakan,  diantaranya  Relativelayout,AbsoluteLayout,ScroolView,  dan 
TableLayout. 

Relative Layout 
Merupakan  konfigurasi  layout  secara  relative  (tergantung  kemauan  anda),  posisi  widget  ingin 
diletakan dimana. Berikut file xml-nya: 



Keterangan : 
  Perhatikan pada Tag „EditText‟, terdapat atribut android:layout_toRightOf yang artinya 
posisi EditText ditempatkan sebelah kanan dari posisi widget @/tv(textview). 
  Perhatikan pada tag „Button‟, terdapat atribut android:layout_below yang artinya posisi 
Button  ditempatkan  dibawah  posisi  widget  @id/et1(EditText)  dan  terdapat  pula atribut 
android:layout_alignleft artinya ditempatkan pada posisi paling kiri layout . 

Berikut hasil running program :



TableLayout dan Scroolview 
Merupakan jenis layout sesuai table-table, baik row (baris) atau column(kolom). Berikut contoh 
tablelayout disertai dengan layout scrollview : 






Sumber : LINK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar